Senin, 16 Juli 2012




Pengertian Bluetooth
Bluetooth (teknologi tanpa kabel) adalah suatu alat atau teknologi komunikasi tanpa kabel yang memanfaatkan frekuensi radio ISM 2.4 GHz untuk menghubungkan perangkat genggam secara terpisah (handphone, PDA, computer, printer, dan lain-lain) dengan jangkauan yang tidak begitu jauh. Perangkat-perangkat genggam yang terpisah tersebut dapat saling bertukar informasi atau data dengan menggunakan bluetooth. Dan setiap perangkat Bluetooth memiliki kepekaan dalam menerima data yang berbeda – beda. Tergantung dari merk dan produk dari perangkat Bluetooth.
Teknologi Bluetooth diusulkan oleh Ericsson dan kemudian bersama-sama dengan IBM, Intel, Nokia, dan Toshiba membentuk Bluetooth Special interest Group (SIG) pada tahun 1998 yang kemudian diikuti oleh perusahaan besar seperti Microsoft, 3Com, Lucent, dan Motorola. Nama Bluetooth diambil dari nama raja Denmark, Harald Bluetooth. Tujuan dari perancangan Bluetooth adalah sebagai teknologi yang murah, handal, berdaya rendah, dan efisien.

Sejarah Bluetooth
Sebenarnya menurut sejarah yang saya baca di (wikipedia.org/wiki/Bluetooth) bluetooth itu merupakan nama seorang raja Denmark yaitu Harald Blatanad tapi di Inggris dijuluki Harald Bluetooth. Pembentukan di promotori oleh 5 perusahaan Ericsson, IBM, Intel, Nokia dan Toshiba membentuk sebuah Special Interest Group (SIG). Bulan Juli 1999 dokumen spesifikasi bluetooth versi 1.0 mulai diluncurkan. Pada bulan Desember 1999 dimulai lagi pembuatan dokumen spesifikasi bluetooth versi 2.0 dengan tambahan 4 promotor baru yaitu 3Com, Lucent, Technologies, Microsoft dan Motorola. Saat ini, lebih dari 1800 perusahaan di berbagai bidang bergabung dalam sebuah konsorsium sebagai adopter teknologi bluetooth.
versi pertama adalah Bluetooth 1.0 dan Bluetooth 1.0B. Perbaikan terus dilakukan dengan kelahiran Bluetooth 1.1. Versi ini antara lain mendukung unutk channel yang tidak dapat terenkripsi. Berikutnya tercipta Bluetooth 1.2 yang memiliki kecepatan transmisi lebih tinggi dan lebih tahan terhadap interferensi frekiuensi radio. Dan versi terbaru yang baanyak diadopsi gadget-gadget muthakhir pada saat ini adalah Bluetooth 2.0.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar