Selasa, 31 Juli 2012

Fasilitas dan Layanan Internet
Internet menyediakan fasilitas dan layanan yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna komputer. Fasilitas dan layanan tersebut antara lain sebagai berikut :
a.            E-mail, merupakan fasilitas untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk surat elektronik dari alamat satu ke alamat lainnya melalui internet. Selain itu juga e-mail juga dapat menyertakan file sebagai lampiran (attachment) pesan untuk pengguna.
b.      Mailing List, merupakan fasilitas yang digunakan oleh sekelompok pengguna sebagai sarana diskusi atau tukar-menukar informasi di antara para anggotanya lewat e-mail.
c.     Newsgroups, fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk topik tertentu.
d.      IRC (Internet Relay Chat) atau chatting, merupakan fasilitas untuk berkomunikasi secara nteraktif antarpengguna komputer satu dan lainnya yang saling berhubungan dengan internet.
e.             FTP (File Transfer Protocol), merupakan fasilitas yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk bertukar, menyalin, dan menempatkan file, data, serta program yang tersimpan dalam internet.
f.        Voice Over Internet Protocol (VOIP), merupakan fasilitas untuk melakukan pembicaraan telepon melalui jaringan internet.
g.            Telnet (Remote Login), merupakan fasilitas untuk untuk mngakses komputer lain dari jarak jauh. Dengan menggunkan fasilitas ini, maka pengguna jarak jauh dapat menukar file antarpengguna komputer dan menjalankan program yang ada pada komputer tersebut.
h.             WWW (World Wide Web), merupakan layanan yang menyediakan informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain yang dipresentasikan dalam bentuk hiperteks dan bisa diakses oleh program aplikasi browser.
i.         Gopher, merupakan layanan yang menyediakan informasi di internet yang disusun secara hierarkis. Apabila pada www, kumpulan informasi dipresentasikan dalam bentuk hiperteks, maka pada gopher semuanya dipresentasikan dalam bentuk menu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar